Translate

Rabu, 31 Oktober 2012

MENYELEKSI ANAKAN UNGGUL


Seleksi hasil peranakan
Didalam kancah ayam petarung perlu juga di seleksi hasil peranakan untuk mendapatkan hasil dari peranakan yang di harapkan dapat memunculkan bibit bibit baru ayam petarung yang handal, ini membuktikan dari hasil seleksi secara otodidak atau selesksi yang di lakukan dengan cara manual sekali tetapi dapat menjadi pedoman dalam memilih jagoan jagoan baru. Akan tetapi seleksi ini juga tidak dapat di jadikan patokan 100% persen msh ada bebearapa yang tidak sesuai dan masih perlu di seleksi lagi.. adpaun cara yang dapat menjadikan referensi adalah :
  1. Seleksi umur 3 bln... ini adalah seleksi awal peranakan yang akan di kembangkan lagi dengan cara kita lihat secara langsung cara kerja peranakan umur 3 bulan yang dilihat secara langsung dalam bertarung, yang sesuai dengan karakter kita kita simpan untuk di jadikan jagoan baru dan yang tdk lolos terserah kita mau diapakan... mau di jual di ayam potong.
  2. Seleksi umur 6 bulan... dengan cara seperti diatas tetapi akan lebih teliti dalam cara bertarung... karena jagoan umur 6 bulan ini pasti akan berbeda dengan anak ayam umur 3 bln pada saat tarung.. yang kita tekankan dalam hal teknik bertarung.
  3. Seleksi terakhir pd usia 9 bulan... fase ini merupakan fase penentuan dalam memilih jagoan baru dan cara teknik bertarung yang sudah mapan seara naluri ayam bertarung.  
Kita juga perlu dalam memilih induk jantan dan betina yang berkwaliats.. ini harga mati didalam kita memilih induk yang berkwaliata... inipun juga tidak bisa menggaransi 100% peranakan akan bagus semua. setelah itu tinggal bagaimana kita merawat dan membesarkan jagoan jagoan baru dalm memeliharanya.

1 komentar: